Official Blog dari MI Muhammadiyah 1 Slinga, Kec. Kaligondang Kab. Kaligondang

Membangkitkan Gairah Menulis Anak

ilustrasi siswa membuat karya tulis
Menulis adalah sebuah kegiatan yang menjemukan bagi sebagian anak. Padahal menulis menjadi salah satu cara mengekspresikan diri dan menuangkan segala pikiran. Sebuah karya tulis tidak harus berupa karya resmi yang ilmiah dan formalistik. Apapun dapat menjadi sebuah karya tulis hanya saja kategorinya akan berbeda. Seniman tentunya akan membuat karya tulis yang bernilai seni tinggi walaupun akan terkesan membosankan bagi orang- orang yang tidak memiliki sense seni tulis. Dengan menulis, seseorang dapat mengingat momen yang ia lalui misalnya melalui diary, autobiografi dan otobiografi. Karya tulis yang diminati oleh para remaja biasanya berupa cerita pendek yang berbau petualangan atau romansa. Kisah dongeng fantasi nan imaginatif begitu digemari anak-anak. 

Untuk membangkitkan kegemeran menulis dikalangan siswa kita tidak dapat memaksakan mereka untuk secara produktif dapat menghasilkan karya tulis seperti yang kita inginkan. Terlalu ketat dalam kriteria karya tulis siswa justru dapat membuat siswa terbebani. Lebih baik biarkan mereka berkreasi sesuai dengan apa yang ada dalam imajinasi mereka. dengan begitu, apapun dan bagaimanapun hasilnya akan ada rasa puas dan bangga dalam diri mereka. Berikut ini tips yang telah dirangkum oleh redaksi MIMSatu Slinga dalam rangka membangkitkan gairah menulis dikalangan siswa Madrasah Ibtidaiyah:

  1. sebagai awalan, biarkan mereka memilih tema yang mereka sukai.
  2. biarkan mereka menulis sebanyak apapun yang mereka ingin tulis.
  3. anda dapat memberikan potongan kata- kata pilihan anda kepada mereka untuk kemudian disusun sesuai dengan keinginan mereka.
  4. jika mereka kesulitan menentukan tema, anda dapat memberikan tema yang mudah dipahami misalnya tentang kegiatan sehari - hari, tema tentang Ibu/ ayah (keluarga), pemandangan alam dan lain-lain.
  5. biarkan mereka mencari tempat yang mereka anggap nyaman untuk mulai menulis.
  6. berikan arahan dan bantuan jika mereka mendapat kesulitan. Arahkan kepada bahasa- bahasa yang mereka pahami tetapi tetap dalam koridor bahasa yang santun.
  7. biarkan mereka menonjolkan sisi kekanak- kanakan mereka dalam karya tulisnya. Jangan memaksakan membuat karya yang tidak bercirikan anak-anak.
  8. ajaklah mereka menghias karya mereka dengan pernak- pernik atau gambar yang mereka gambar sendiri sesuai dengan tema mereka masing- masing.
  9. berilah batasan waktu kepada mereka dalam berkarya agar mereka terbiasa membuat karya dalam batasan waktu (deadline).
  10. berilah apresiasi setinggi- tingginya kepada hasil karya mereka. Apresiasi terbaik dapat membangkitkan rasa puas dan bangga kepada mereka dan membangkitkan gairah mereka untuk kembali menulis.
Demikianlah tips yang telah dirangkum oleh redaksi MIMSatu Slinga. Membangkitkan gairah menulis dikalangan siswa dapat menumbuhkan kreatifitas mereka dalam berkarya. Semoga sukses membangkitkan gairah menulis siswa- siswi anda.  

MIMSatu Slinga
Labels: mimsatusiana, Tulisan santai

Thanks for reading Membangkitkan Gairah Menulis Anak. Please share...!

0 Comment for "Membangkitkan Gairah Menulis Anak"

Back To Top