Official Blog dari MI Muhammadiyah 1 Slinga, Kec. Kaligondang Kab. Kaligondang

Tujuan Pendidikan


Setiap madrasah yang berdiri bukanlah tanpa tujuan, ada misi yang ia bawa dan harus dituntaskan melalui proses pengelolaan dan pembelajaran. Tujuan pendidikan di Indonesia sendiri diatur dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (lihat UU Sisdiknas no 20 tahun 2003). Tujuan pendidikan menjadi hal yang perlu dirumuskan oleh sebuah lembaga pendidikan. Ada empat tujuan pendidikan yang menurut penulis perlu ada dalam sebuah lembaga pendidikan.
Berikut ini adalah tujuan dari lembaga pendidikan.

1.   Knowledge, which enables us to understand; Tentunya sebuah lembaga pendidikan yang utama adalah mengembangkan ilmu pengetahuan, dan pengetahuan itu sendiri agar siswa menjadi tahu, mengerti, memahami dan lalu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari tentang apa yang telah ia pelajari. Boleh jadi, produk dari sebuah pendidikan bukanlah siswa, tetapi pendidikan dari siswa itu sendirilah produk pendidikan.
2.    Know – how, which enables us to do; Seperti halnya pada tujuan pertama, pendidikan hendaknya memberikan cara untuk mengetahui. Bukan hanya sekedar memberikan ‘barang jadi’ saja. Anggap saja banyak orang yang ingin mendapatkan rezeki dari Allah swt. tetapi jarang yang ingin menguasai bagaimana mendapatkan rezeki.
3.    Wisdom, which enables us to set priorities; Kebijaksanaan menjadi layak dimiliki bagi setiap pelaku pendidikan baik pemangku kepentingan, kepala madrasah, guru dan siswa. Kebijaksanaan menjadi tahap yang tinggi dalam membentuk pribadi yang unggul.
4.    Character, which enables us to co- operate, to presevere and to become respected & trusted; Selain membentuk karakter siswa, madrasah sebagai lembaga pendidikan juga harus memiliki karakter, keunikan yang dapat menarik respek dan kepercayaan dari masyarakat.

Apapun tujuan pendidikan yang dirumuskan oleh madrasah pastinya adalah demi kemajuan dunia pendidikan itu sendiri. Sinergitas segala sumber daya yang terlibat akan memperlancar sebuah madrasah mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan melalui visi dan misi mereka.

MIMSatu Slinga
Labels: mimsatusiana, Tulisan santai

Thanks for reading Tujuan Pendidikan. Please share...!

0 Comment for "Tujuan Pendidikan"

Back To Top